Demografi Penduduk

Kondisi Geografis, Fisik dan Sosial Desa Pandeyan

Perkembangan Kabupaten Boyolali dalam lima tahun terakhir telah menunjukkan perubahan yang signifikan dan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat Boyolali. Keberadaannya saat ini tentunya membuat bangga bagi seluruh warga Boyolali, sehingga tidak merasa malu jika ditanya asal atau domisili oleh orang lain.

Desa Pandeyan memiliki karateristik lingkungan berupa dataran rendah dengan lingkungan kering. Karakter lingkungan wilayah ini mempengaruhi jenis usaha pertanian sawah sedangkan sisanya untuk tanah kering yang merupakan bangunan dan fasilitas lain.

Desa Pandeyan merupakan salah satu dari dua belas desa di wilayah Ngemplak yang terletak sekitar 0,4 kilometer utara Kota Kecamatan.

Sedangkan untuk permasalahan lingkungan hidup yang cukup mencolok yaitu dengan keberadaan peternakan ayam potong yang lokasinya sebagian sangat dekat dengan lokasi pemukiman penduduk. Walaupun selama ini masalah pengaruh polusi dan lalat masih terkendali, namun yang perlu perhatihan khusus dalam pengendaliannya sehingga benar-benar tidak akan mengganggu masyarakat dan lingkungan sehingga semuanya bisa tertangani dengan baik.

Desa Pandeyan berdasarkan data Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa 2013-2018 wilayah Pandeyan tergolong datar dengan kemiringan 2-15% dan ketinggian 125 meter diatas permukaan  laut. Luas wilayah Desa Pandeyan  521,1600 Ha dengan sebanyak 7.723 jiwa, yang tersebar dalam 4 wilayah Kadus dan 9 RW.

Jumlah Penduduk Desa Pandeyan

Jumlah Penduduk Desa Pandeyan paling banyak terdapat di wilayah RW II dengan jumlah penduduk mencapai 2017  jiwa. Dalam bentuk tabel berikut jumlah penduduk Desa Pandeyan dalam setiap wilayah Rukun Warga:

RW 01

RW 02

RW 03

RW 04

RW 05

RW 06

RW 07

RW 08

RW 09

235 KK

2017 KK

320 KK

262 KK

204 KK

782 KK

241 KK

191 KK

237 KK


Jumlah Penduduk Berdasar Tingkat Pendidikan

Belum Sekolah

Tidak Sekolah

Tidak Tamat SD

SD

SMP

SLTA

SARJANA

670

36

221

950

1338

725

199


KEADAAN EKONOMI

Desa Pandeyan merupakan desa pertanian, pertenakan dan home industry, maka sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai buruh bangunan, pengrajin selengkapnya sebagai berikut :

MATA PENCAHARIAN

NO

MATA PENCAHARIAN

JUMLAH

1

Petani Sendiri

294 orang

2

Buruh Tani

214 orang

3

Pedagang/Wiraswasta

261 orang

4

Pengrajin

13 orang

5

PNS/Polri/TNI

137 orang

6

Sopir

33 orang

7

Karyawan Swasta

714 orang

8

Tukang Kayu/Batu

517 orang

9

Guru Swasta

30 orang

10

Lain-lain

2288 orang


Iklim/ Klimatologi

Berdasarkan kondisi iklimnya Desa Pandeyan dapat digolongkan sebagai wilayah dengan karateristik lembab dan curah hujan 2.368 mm/tahun dan jumlah bulan kering 6 bulan. Secara keseluruhan Desa Pandeyan tergolong datar dengan kemiringan 2 – 15 % dan ketinggian -/+ 125 meter diatas permukaan laut.

Hidrologi

Desa Pandeyan dibagi menjadi dua yaitu permukaan air berupa sungai dan air tanah.

Jenis  Tanah dan Kondisi Lingkungan

Desa Pandeyan memiliki jenis tanah yang pada umumnya termasuk jenis ALUVIAL, jenis tanah ini cukup sesuai untuk kegiatan pertanian namun cukup labil, sehingga mengakibatkan banyak jalan di Desa Pandeyan yang cepat rusak.

Kondisi Lingkungan

Desa Pandeyan memiliki karateristik lingkungan berupa dataran rendah dengan lingkungan kering. Karakter lingkungan wilayah ini mempengaruhi jenis usaha pertanian tanaman pangan, dengan pengembangan pada lingkungan :

*Tanah kering : yaitu sangat cocok untuk pengembangan pertanian tanaman pangan lahan kering, khususnya palawija.

Sedangkan untuk permasalahan lingkungan hidup yang cukup mencolok yaitu dengan keberadaan peternakan ayam potong yang lokasinya sebagian sangat dekat dengan lokasi pemukiman penduduk. Walaupun selama ini masalah pengaruh polusi dan lalat masih terkendali, namun yang perlu perhatihan khusus dalam pengendaliannya sehingga benar- benar tidak akan mengganggu masyarakat dan lingkungan sehingga semuanya bisa tertangani dengan baik.

Kawasan Rawan Bencana

Desa Pandeyan pada prinsipnya tidak termasuk dalam peta wilayah rawan bencana di Kecamatan Ngemplak.

Pola Penggunaan Tanah

Desa Pandeyan sebagian besar tanahnya diperuntukkan untuk tanah pertanian sawah sedangkan sisanya merupakan tanah kering yang digunakan untuk bangunan dan fasilitas lainnya.

Berita Terkini
Bersama Untuk Kesejahteraan
Jumat 14 Juli 2017
Jalan Nyaman di Dukuh Garen
Jumat 14 Juli 2017