Bukan Sekadar Simbol Pembangunan

Pandeyan- Perubahan zaman dari Orde Baru ke Orde reformasi ditandai dengan adanya tuntutan tata kelola kepemerintahan yang baik (Good Governance) yang mensyaratkan adanya akuntabilitas, transparasi dan partisipasi masyarakat dalam setiap proses terjadinya kebijakan publik. Perkembangan dan modernisasi teknologi informasi dan komunikasi memberikan keleluasaan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan dengan mudah dan cepat.

Pemerintah dituntut untuk membuka diri kepada masyarakat untuk memberikan infomasi-informasi dan kebijakan-kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana saja. Terlebih dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) maka pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat.

Nafas dari Undang-Undang KIP dan semangat perubahan Orde Reformasi yang telah menurun ke dalam Undang-Undang Desa dan kebijakan pemerintah kabupaten tahun 2016, dimana setiap pembangunan yang dilakukan oleh desa harus disertai dengan pembangunan prasasti. Kebijakan tersebut disampaikan melalui para pendamping desa yang berada di Kecamatan. Desa Pandeyan sudah mulai membangun prasasti tidak lama setelah kebijakan tersebut diturunkan sebagai wujud taat asas dan taat aturan.

Desa Pandeyan telah membangun 11 prasasti yang terdiri dari prasasti pembangunan talud jalan, prasasti pengaspalan jalan, prasasti pembangunan talud untuk saluran irigasi, prasas pembangunan betonisasi, dan prasasti pembangunan drainase jalan.

Dana pembangunan prasasti-prasasti terrsebut telah dianggarkan menjadi satu dengan anggaran pembangunan yang sedang dilakukan. Prasasti-prasasti pembangunan tersebut juga digunakan sebagai penanda bangunan.

Pemerintah Desa Pandeyan memang ingin menerapkan tingkat ketransparansi dana supaya sangat tertransparansi dengan jelas, agar semua rakyat Botekan dan juga pemerintah setempat memahami dan mengetahui betul dana pengeluaran yang sudah dikeluarkan oleh Desa Pandeyan.

Berita Terkini
Bersama Untuk Kesejahteraan
Jumat 14 Juli 2017
Jalan Nyaman di Dukuh Garen
Jumat 14 Juli 2017